Iron Wanimbo: Berhenti Daerahisme Dan Distrikisme

Foto saat menyampaikan sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lanny Jaya (sumber. Foto Jlt)
Foto saat menyampaikan sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lanny Jaya (sumber. Foto Jlt)

Terkini.id, Jayapura – Himpunan Mahasiswa Palajar Lanny Jaya (HMPLJ) Di Kota Studi Jayapura merupakan wadah sentral Mahasiswa Lanny Jaya di Jayapura. Kini telah adakan Kongres Ke-V 2020 di Asrama Mahasiswa Tolikara Waena, Kota Jayapura Papua pada Sabtu, 31 Oktober 2020 sore, pukul 16.00 Waktu Papua.

Setelah ibadah pembukaan Kongres, lanjut disampaikan pesan-pesan penting melalui sambutan pembukaan Kongres Ke 4 HMPLJ yang diberikan kesempatan kepada beberapa intelektual dan senior-senior asal daerah Lanny Jaya yang hadir baik dari Kab. Lanny Jaya juga Provinsi Papua.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lanny Jaya sampaikan pentingnya semangat perjuangan membangun daerah, khusus di Lanny Kaya.

“Lanny Jaya  tetap Jaya, Tantang itu adalah peluang”. Katanya.

Tambahnya, “Pemda sudah biaya Mahasiswa kuliah, itu dipergunakan sebaik mungkin karena uang 500 ribu perbulan itu bukan hanya dari Pemda saja, tapi juga dari orang tua sebagai masyarakat biasa yang bersumber Lanny Jaya Sejahtera dipotong 100 ribu masuk di Beasiswa Mahasiswa Lanny Jaya”.

Lanjutnya, “adik-adik harus bertanggung jawab itu dengan selesaikan kuliah.

Selanjutnya Badan Pengurus yang sebentar lagi akan berakhir jabatan sebagai Ketua Umum HMPLJ, Iron Wanimbo juga sampaikan pesan dalam sambutannya bahwa, Pentingnya untuk tidak membeda bedakan mahasiswa dalam semua agenda organisasi baik internal dan eksternal.

Saya alamih dan lihat sendiri, Mahasiswa Lanny Jaya tidak pernah bersatu ini akibat dari mementingkan ego jadi berhenti pakai ego, berhenti daerahisme, distrikisme dan kampungisme, Tegasnya Iron Wanimbo, Ketua Umum HMPLJ.

Tambahnya, pemaparan Visi misi calon Badan Pengurus saat Kongres luar bisa namun tindakannya tidak ada. Ini menjadi tugas bersama kita kedepan dan lebih baik dari sebelumnya. Ujarnya Wanimbo.

Selain sampaikan kesan pribadi juga sampaikan usulan penting kepada Pemda Kabupaten Lanny Jaya untuk memperhatikan secara serius terkait fasilitas Asrama Lanny Jaya di Jayapura.

“Saya usulkan bangun Aula besar baru di jayapura, Pengurus kemarin ini adakan kongres di Asrama Tolikara dan sekarang juga disini karena aula kami kecil dan tidak cukup tampung peserta kongres. Dan saya usulkan juga Badan Pengurus Baru nanti dilantik oleh Bupati Lanny Jaya, itu harus, jadi bapak Kepala Dinas Pendidikan sampaikan pesan ini kepada bupati Lanny Jaya. Imbuhnya Iron W.

Selain itu mewakili pemerintah Prov. Papua Bapak Manius Wenda menyampaikan pesan moril bahwa pentingnya menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam melakukan perubahan.

“Tema yang ade ade gunakan ini terlalu tinggi, ini layaknya untuk orang yang sudah selesai kuliah. Untuk mahasiswa aktif, saya sederhanakan dan tambahkan yaitu Mahasiswa harus Kreatif dan inovatif untuk mencapai intelektual yamg produktif”. Ujarnya.

Dinilai konsepnya tinggi namun perlunya terapkan dengan bahasa yang sederhana agar bermakna bagi bangsa dan rakyat.

Selain itu, perlunya Mahasiswa banyak membaca buku dan belajar karena pendidikan menjadi garda depan untuk memajukan keterbelakangan kondisi kehidupan manusia khususnya di Tanah Papua. Hal ini disampaikan juga dalam sambutannya dengan mengunakan bahasa Metafornya.

“Bila ade ade tidak mempunyai buku, artinya ade lebih jago ilmu dari saya. Saya tidak jago ilmu maka di rumah saya banyak buku di rak saya”. Ujarnya Manius Wenda (salah satu Kepala Bidang di Dinas Pendidikan Prov. Papua).

Harapan kami semua bahwa Kongres Ke-V HMPLJ 2020 ini, menghasilkan Resolusi yang benar benar berpihak pada kepentingan Mahasiswa dan Rakyat Papua. Tidak sekedar pemilihan Badan Pengurus Baru. (Jlt)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Inilah Hasil Kongres Komunitas Mahasiswa Pelajar Puncak Jaya di Kota Studi Jayapura Tahun 2020

Mahasiswa Lanny Jaya Studi Jayapura, Adakan Kongres Ke-V 2020

Pemuda Papua Membuka Kelas Kursus Bahasa Inggris

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar