Mahasiswa Kembali Gelar Aksi ke Pemda Puncak Jaya Terkait Beasiswa

Foto aksi mahasiswa puncak jaya
Foto wartawan Terkini.id Jayapura: Saat aksi oleh saah seorang mahasiswa puncak jaya, di kediaman bupati puncak jaya, pada 06 juni 2020, pukul, 11.30 wit.

Terkini.id, Jayapura – Mahasiswa Puncak Jaya kembali desak Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya untuk salurkan dana beasiswa mahasiswa yang belakangan ini, dijanjikan beberapa kali namun tidak ada realisasi.

 

tuntutan mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Pelajar Puncak Jaya (KMPPJ) ini dilakukan dalam aksi bakar ban kediaman Bupati Puncak Jaya di Distrik Heram Waena Kota Jayapura Papua pada, 06 Juli 2020, pukul pagi tadi.

 

Desakan itu disampaikan oleh, Aniton Wonda (Ketua Asrama Kinaonak Putra Puncak Jaya) dalam aksi siang di kediaman bupati Puncak Jaya.

 

Pemda perlu pahami desakan kami mahasiswa, kami aksi karena kami butuh, kami butuh bayar SPP, ikut ujian semester dan kerja tugas, sekarang kami banyak butuh maka kami desak, karena orang tua kami di kampung-kampung tidak mampu bantu kami karena sosial ekonomi lemah, jadi kami desak pemda sebagai orang tua kami, jadi mohon untuk mengerti”, Desaknya.

 

Wonda mendesak agar pemda segera salurkan dana beasiswa sebab mahasiswa puncak jaya mengalami kesulitan dalam pembayaran SPP dan mengikuti ujian semester di setiap kampus se-jayapura papua juag mahasiswa puncak jaya di luar papua seperti manado, makassar dan sejawa bali.

 

Hal senada disampaikan juga oleh Kordinator Aksi Wilingga Morip, menyapaikan pemda sekedar janji yang tidak tepat realisasikan ini sama hal berbohong kepada mahasiswa maka didesak agar direpson kepastian.

 

Dana yang katanya sudah transfer ke kantor pos untuk kirim ke nomor rekening mahasiswa namun sampai sekarang ini belum ada, Kami menuntut pelayanan pemda terhadap kami, Hari ini kami mengalami krisis maka kami menuntut”. Katanya.

 

Salah seorang mahasiswa aksi yang mengatakan ia belum bayar SPP karena orang tuanya tidak mampu bantu biaya kuliah.

 

Saya pribadi belum bayar SPP karena belum ada uang maka kami menuntut, itu bukan saya saja namun banyak teman-teman saya jadi kami hadir di aksi sekarang”. Imbunya.

 

Kami anggap pemda menipu kami, pemda adalah ibarat orang tua kami, namun diperlakukan anak seperti seperti tidak punya orang tua, ini saya menyesal, kinerja pemda begini, Saya minta perlakukan kami jujur dan adil sebagai orang tua. (Orasi salah seorang Mahasiswi Puncak Jaya)

 

Pemda dianggap permainkan mahasiswa daam hal pengaturan beasiswa, maka mahasiswa minta tidak untuk bermain dalam mengurus mahasiswa.

 

Pemda jangan mempermainkan kami, aksi kami ini yang ke tiga kali artinya pemda tau malu tidak?, mahasiswa aksi terus tentang mahasiswa, pemkab Lain tidak begitu, hal ini hanya terjadi di puncak jaya, tidak boleh bermain seperti ini”, jelasnya Korlap (Lion Nipur)

 

Kabid sosial dan kepala dinas sosial bicara banyak namun kinerja tidak jelas, kami bicara karena masalah sosial, ekonomi yang tidak mampu di bantu oleh orang tua kami, jadi kami menilai pemda gagal membangun SDM puncak jaya”. Tambahnya.

 

Beberapa kali aksi namun tidak respon dengan baik maka aksi ketiga ini mahasiswa turun dengan meminta kepastian pemda kepada mahasiswa.

 

Mewakili mahasiswa lain oleh Manto Kogoya juga sampaikan di kediaman bapak bupati karena dinilai rumah rakyat dan mahasiswa.

 

kami datang ke keadiaman ini, karena kami tau, ini rumah rakyat, rumah mahasiswa, beberapa mahasiswa cuti kuliah karena SPP belum bayar. Tegasnya Manto Kogoya.

 

Aksi yang dilakukan mulai pukul, 08 -00 wit sampai dengan pukul, 13.00 wit itu bubar dengan lancar, setelah diberikan respon oleh pemda punak jaya yang mewakili yaitu Kepala Kabid Sosial kabupaten puncak jaya. (Jlt)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Mahasiswa Tolikara di Makassar Menolak Rencana Pembangunan Kodim

Ini Respon Kabid Sosial Terkait Beasiswa Puncak Jaya

Ini Tanggapan Mahasiswa Dogiyai Terkait Pemberikan SK Pemekaran DOB Mapiha Raya

Mahasiswa Meepago di Makassar Menolak Pemekaran DOB Mapiha Raya

Inilah Pernyataan Sikap Mahasiswa Puncak Jaya di Jayapura Terkait Beasiswa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar